Perawatan Estetik
Gigi yang cantik tidak saja membuat senyum menjadi lebih indah, tapi juga mampu meningkatkan rasa pede. Tidak usah kawatir, banyak cara yang bisa ditempuh untuk mempercantik gigi. Perawatan untuk mempercantik gigi dapat dilakukan. Gigi indah & cantik dapat dilihat dari keadaan gigi yang putih,tersusun rapi,posisi gigi yang rata,simetris antara gigi yang kiri dan kanan serta gusinya.

Untuk mendapatkan gigi yang cantik ada beberapa cara :

1.Crown
Pada kerusakan gigi depan yang cukup parah,misalnya gigi patah atau tidak bisa lagi ditambal karena lubang sudah terlalu luas .Bila kondisi gigi dinyatakan sehat, saat itu juga proses pembuatan crowndapat dilakukan. Awalnya, gigi yang akan dipasangi crown dikecilkan di seluruh bagian, lalu dipasangi crown sementara.
crownSeminggu kemudian, Crown permanent dipasangkan.agar tdk terlihat palsu dan berbeda, warna crown harus sama dengan gigi aslinya.
Pembuatan crown yang bagus harus menyerupai gigi aslinya, baik secara warna maupun bentuk. Meski kekuatan crown sama dengan gigi asli dan tidak ada pantangan setelah crown dipasang, drg Wati menyarankan agar tetap berhati-hati saat menguyah.
Namanya saja buatan ,jadi tetap bisa pecah, rusak, atau bocor bila perawatannya tidak benar, Jadi, Perawatan apapun yang dilakukan sebaiknya secara rutin memeriksakan gigi setiap enam bulan sekali

2.Veneer Porcelain & Komposit ( Tambalan )
Porcelain Veneer merupakan metode melapisi gigi depan dengan porcelain. Dilakukan pada gigi depan yang agak renggang dimana pasien mau tidak memakai braces untuk merapihkan gigi.Untuk memperbaiki gigi depan dengan kerusakan yang agak luas bila dengan penambalan biasa hasilnya kurang maksimal atau gigi pegshape (anomali)
veneerProsedur : Bagian email saja yang diasah kemudian dicetak dan dikirim ke laboratrium kurang lebih 7 hari untuk dibuatkan Porcelain veneernya.Menunggu selesai proses pembuatan porcelain veneer akan dipasang veneer sementara. Pemasangannya digunakan semen bonding. Kalau veneer komposit (bahan tambalan) yaitu melapisi seluruh permukaan gigi dengan tambalan untuk mendapatkan warna , bentuk yang lebih baik. 1x visit selesai. Veneer komposit warnanya dapat berubah sementara porcelain veneer tidak. Bila gumpil / pecah sedikit, veneer komposit dapat langsung diperbaiki sementara porcelain veneer harus dibuat ulang. Pantangannya ; lebih berhati-hati bila menggiigit dengan gigi depan.

3.Penambalan Estetik
Metode ini biasanya dilakukan pada gigi depan. Menambalan gigi depan harus memperhatikan unsure estetika karena letaknya sangat mempengaruhi penampilan seseorang. Penambalan harus mengikuti anatomi, bentuk, warna, proporsi lebar & panjang giginya sehingga usai ditambal gigi terlihat natural. Dengan adanya perkembangan alat & bahan-bahan kedokteran gigi yang ada sekarang,Penambalan gigi depan dapat menghasilkan tambalan yang sealami mungkin.


4.Cosmetik Conturing
Cara ini akan membentuk gigi asli menjadi lebih baik, dengan cara diasah.Misalnya, gigi yang terlalu lebar dan tajam pada perempuan yang mengesankan penampilan tidak feminine,
Pada umumnya gigi perempuan terlihat lebih ramping dan membulat pada ujungincisal giginya dibanding pria. Tindakan ini dikerjakan kurang dari 1 jam dan bisa langsung selesai dalam sekali kunjungan. Yang menyenangkan, selain membuat gigi lebih cantik, tidak ada pantangan setelah melakukan perawatan ini.




 
© Copyright 2008 - Dharmawangsa 8 Dental Care